Asik Nge-bolang dengan Si Sepuluh Bulan

09.02

Ketika hendak berlibur atau melakukan perjalanan, kita 
harus mempertimbangkan 
beberapa hal, di antaranya, kondisi kendaraan, rute perjalanan serta alternatifnya, perbekalan, pakaian ganti, sampai dengan obat-obatan (P3K). Hmm … mungkin untuk bepergian jauh dengan beranggotakan orang dewasa, persiapan itu sudah lebih dari cukup. Tetapi, lain cerita apabila kita membawa bayi 10 bulan turut serta.

Membawa bayi dalam perjalanan, memang memerlukan banyak perlengkapan tambahan dan terkadang membuat orang tua yang baru kali pertama mengalaminya merasa kerepotan. Berikut adalah perlengkapan yang wajib ada saat bepergian bersama bayi :

1. Pakaian yang Nyaman
Baju dan celana berbahan katun sangat dianjurkan. Selain simple, bayi juga akan tetap nyaman selama perjalanan. Pastikan juga pakaian ganti yang dibawa sesuai dengan kondisi cuaca di daerah tujuan. Tetap membawa selimut, topi dan kaos kaki untuk melindungi tubuhnya jika diperlukan.

2. Makanan dan Minuman
Berbeda dengan orang dewasa atau anak-anak, bayi 10 bulan masih beradaptasi dengan makanan. Bukan hanya dari segi tekstur saja, porsinya juga berbeda. Bubur bayi siap saji bisa menjadi pilihan praktis selama perjalanan. Sudah banyak produsen panganan khusus bayi yang membuat produknya sedemikian rupa hingga tekstur dan porsinya pas bagi bayi, disamping cara penyajian yang terbilang mudah. Sebagai makanan selingan, biskuit bayi adalah jawabannya. Air putih dan air panas juga wajib ada di dalam kendaraan. Selain untuk menyiapkan bubur, juga dipakai untuk membuat susu bagi bayi yang mengonsumsi susu formula.

3. Mainan
Bayi akan lebih cepat merasa bosan. Apalagi jika perjalanan yang ditempuh memakan waktu berjam-jam. Untuk menyiasati kebosanan, sebaiknya bawa juga mainan favoritnya. Pilihlah yang memiliki warna mencolok serta mengeluarkan bunyi, sehingga akan mudah mengalihkannya dari kebosanan.

4. Daily Care
Minyak telon, tisu basah dan kering, lotion khusus bayi, popok sekali pakai, sabun dan shampo adalah produk yang harus dibawa tatkala bepergian dengan bayi dan letakkanlah di tempat yang mudah dijangkau jika diperlukan sewaktu-waktu.

5. Perlengkapan Tambahan
Jika tersedia, baby car seat akan sangat membantu, namun bagi yang tidak memilikinya atau tidak ingin membawanya, bisa digantikan dengan bantal yang cukup besar untuk menopang kepala dan tubuh bayi, sehingga menjaganya tetap nyaman ketika tertidur di dalam perjalanan.

Walaupun perlengkapan yang perlu disiapkan lebih banyak, namun sangat bermanfaat selama bepergian bersama bayi. Jangan lupa untuk berdoa dan beristirahat setiap empat jam perjalanan, demi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Asik, kan, nge-bolang dengan si 10 bulan!

=======
Biodata Penulis

Sani Hasanah, lahir di Jakarta pada tanggal 29 Maret 1986. Alamat saat ini, Jl. H. Jairi no.17 RT005/02, Rawabuaya, Cengkareng, Jakarta. Ibu dari 2 orang putra yang aktif sebagai konsultan nulis dan bisnis di Indscript Creative, sekaligus juga owner Bantal_mpuk serta Ibraqra baby needs & toys.    

You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman