4 Tipe Tetangga yang Bikin Geleng-geleng Kepala

19.59

Gambar: pixabay
Tetangga identik dengan gosip. Umm … emang, iya! Tetangga, mah, bisanya hanya gosipin kita aja! Walau sejatinya tak semua tetangga seperti itu, namun tidak dimungkiri ada beberapa tipe tetangga yang kadang bikin kita gemas. Kok, ada, ya, spesies model begitu? Hahaha … Oke! Inilah daftar tipe tetangga paling cetar hasil pengamatan wanita berdaster!


1. Tetangga Ember
Sobat, tipe tetangga yang satu ini suka banget mengobrol, ngoceh sana-sini, gosip ini-itu, berani adu mulut, berantem juga dilayani, gampang tersinggung, dan biasanya selalu tahu berita terbaru dari tetangga lainnya. 

Tips menghadapi tetangga ember:
- Perhatikan sikap serta ucapan kita. Saat bertemu dengan tetangga ember, jangan asal bicara dan bertindak. Kalau sampai menyinggungnya, bisa jadi Sobat bakal diajak adu tinju dadakan, atau dijadikan bahan gosip seantero kompleks perumahan;

- Jaga jarak aman. Kalau enggak ada yang penting, sebaiknya hindari berinteraksi dengannya untuk meminimalkan risiko terjadinya cekcok.

Sisi positif tetangga ember:
- Lewat tetangga ember kita akan mendapatkan informasi terbaru 
dengan cepat. Misalnya, berita sakit seorang tetangga jauh, sampai dengan nama rumah sakit tempat ia dirawat. Hal ini tentu memudahkan orang-orang yang ingin membesuk;

- Kalau si ember termasuk tetangga dekat dan kita tidak pernah punya masalah dengannya, biasanya dia berani pasang badan tatkala kita diusili oleh seseorang. 

2. Tetangga Anteng
Tetangga anteng, dari namanya saja Sobat pasti sudah bisa menebak. Ini tipe tetangga paling aman, enggak usil, santai, prinsipnya urus hidup masing-masing aja, cuek, dan agak tertutup.

Tips menghadapi tetangga anteng:
- Tetangga anteng yang kayak es batu ini bisa dicairkan jika kita berusaha mendekatinya lebih dahulu. Pribadi yang cenderung introvert perlahan akan terbuka dan hangat seiring intensitas kita menyapa dan berinteraksi dengannya.
- Biasanya, sih, dia tidak suka dikepoin. Jadi jangan coba-coba ulik apapun tentang kehidupannya. Kecuali apabila dia sendiri yang cerita. Itu beda soal, ya, Sobat.

Sisi positif tetangga anteng:
- Si anteng selalu adem ayem, enggak berusaha ingin tahu segala hal, tidak hobi mengusili tetangga lain. Enak banget, deh, punya tetangga model begini, meskipun agak kaku kalau ketemu. Kaku-kaku bikin hepi hatiku hehehe ….

3. Tetangga Jiwa Muda
Dulu saya punya tetangga seorang kakek nyentrik. Anaknya cuma semata wayang dan menetap di ibukota, istri beliau telah meninggal dunia. Di rumah bercat putih itu beliau hanya ditemani seorang suster. Alih-alih duduk di kursi goyang sambil membaca koran atau termenung sendirian, kakek ini memilih aktif menjadi salah satu vokalis organ tunggal khusus acara hajatan. Suaranya memang tak semerdu Afgan,  tetapi penampilannya membuat mata enggak tahan hehe …. Kadang beliau mengenakan baju ala pemuda korea, sesekali busana dengan warna mencolok seperti kuning cerah atau merah terang bermotif bunga, paduan celana jeans selalu melengkapi penampilan Kakek. Sungguh jiwa mudanya cetar luar biasa!

Tips menghadapi tetangga jiwa muda:
- Tetangga jiwa muda biasanya adalah orang-orang lansia yang kesepian. Sobat punya tetangga tipe ini? Sering-seringlah menyapa atau silaturahmi ke rumahnya. Itu sudah cukup jadi hiburan untuknya. 
- Maklum adalah senjata paling ampuh untuk menghadapi tingkah lakunya yang rada aneh.

Sisi positif tetangga jiwa muda:
- Apabila Sobat sudah punya anak, jangan heran bila si kecil sering dihujani hadiah darinya. Apalagi kalau kerap berkunjung.
- Selalu memberi nasihat-nasihat kehidupan berdasarkan pengalamannya.

4. Tetangga Toko Mas
Gemar pamer harta dan suka omong besar adalah karakter tetangga toko mas. Paling heboh kalau diajak kondangan. Bajunya “wah”, make-up meriah, perhiasan merekah, kalau bisa semua dipakai. Prinsipnya yang penting jadi pusat perhatian dan eksis terus.

Tips menghadapi tetangga toko mas:
- Jangan memotong ucapannya, mending diam dan dengarkan saja. Daripada terjadi perang dunia kelima;
- Kalau bosan karena ocehan panjang tak kunjung kelar, tinggalkan dia bersama tetangga lainnya.

Sisi positif tetangga toko mas:
- Si toko mas umumnya royal, suka mentraktir karena enggak mau kehilangan eksistensi;
- Cepat membaur dan tidak akan kesulitan beradaptasi ketika berada di lingkungan baru.


Sobat, sama seperti berteman, bertetangga juga ada seninya. Jangan anti bertetangga! Jadilah pribadi yang positif dan pandai membawa diri, maka hubungan Sobat dengan para tetangga akan senantiasa damai. Ehem … ngomong-ngomong tipe tetangga Sobat masuk kelompok mana, nih?

You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman