Aku Ngerti Emakku Ngonline

07.24

Rebutan gawai sama anak. Anak rewel mencari perhatian. Itu mungkin persoalan yang sering  dihadapi emak yang bekerja atau berbisnis online di rumah. Kelihatannya sepele, tapi cukup memusingkan. Terus bagaimana caranya, ya, biar si kecil mengerti emaknya ngonline/sedang menjalankan bisnis online?

1. Batasi Jam Kerja
Kerja online bukan berarti kerja 24 jam. Tentukan waktu bekerja Emak, sehingga  masih bisa menjalankan kewajiban sebagai istri dan ibu serta meluangkan waktu bersama anak-anak.

2. Beri Pengertian Kepada Si Kecil
Mungkin bekerja di rumah dengan memegang gawai masih terasa abstrak untuk si kecil. Ceritakan apa yang kita kerjakan dan berikan penjelasan mengapa Emak bekerja online dari rumah. Si kecil pasti merasa senang dan tersanjung jika alasannya adalah agar Emak bisa punya lebih banyak waktu bersamanya dan tidak ingin meninggalkan dia. Dengan begitu si kecil akan lebih mengerti kenapa kita ngonline.

3. Jangan Pasang Game di Gawai
Bila anak tahu di gawai kita terpasang game, jangan kaget kalau ia selalu berusaha untuk ‘membajak’ gawai. Selain itu anak bakalan iri tatkala emaknya berlama-lama di depan gawai, sebab ia berpikir Emak tengah sibuk memainkan game favoritnya.

4. Berikan Mainan Favorit
Kalau si kecil punya mainan lain yang lebih menarik dari gawai, tentu saja perhatiannya bisa teralihkan. Buah hati tak akan peduli lagi pada ponsel Emak, malah akan asyik dengan mainan kesukaannya.

5. Libatkan Si Kecil
Melibatkan si kecil waktu ngonline ada kalanya perlu dilakukan, agar si kecil tidak terlalu penasaran dengan apa yang kita kerjakan. Misalnya, sambil memangku si kecil kita bisa membalas chat dari customer sambil memberi penjelasan kepadanya. Dengan begitu anak juga tidak terlampau merasa tersisih jika kita berhadapan dengan gawai.

6. Luangkan Waktu Bersama Anak
Jangan lupa untuk meluangkan waktu bersama si kecil, agar ia juga merasakan kehadiran kita di rumah. Jangan sampai hanya raga kita saja yang ada di rumah, tapi si kecil tidak pernah merasakan kehadiran hati kita untuknya.

7. Berikan Hadiah
Sesekali berikan anak hadiah dari hasil kerja atau bisnis online kita, dan beritahukan kalau hadiah itu didapat dari hasil kerja kita melalui online. Hadiah tidak selalu berupa barang, bisa juga dengan pergi ke tempat kesukaannya.

Kalau si kecil bisa mengerti emaknya ngonline, hati kita akan lebih tenang dan kerja pun kian produktif. Tak ada lagi cerita gawai terlalu lama ‘dibajak’ si kecil atau dia meminta perhatian terus ketika kita bekerja.

==========
Biodata Penulis
Umi Fadhilah, Ibu rumah tangga yang aktif sebagai konsultan training bisnis dan kepenulisan di Indscript, juga pemilik di Nufa Books – Buku Bergizi untuk Keluarga.


You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman