Cita-cita Jadi Penulis, tapi, kok, Jarang Nulis?

06.25

Gambar: pixabay
Penulis harus konsisten menulis. Iya, sih! Tapi nyatanya hari gini masih ada juga yang bercita-cita jadi penulis, namun jarang nulis *termasuk saya di masa lalu wkwkwkw …. Spesies macam “saya di masa lalu” memiliki beberapa alasan kenapa, kok, jarang nulis padahal udah jelas pengin jadi seorang penulis. Ini, lho, beberapa alasannya!


1. Ide Kemana, ya?
Ide oh ide, kemana yaa? Alasan yang pertama adalah bingung mencari ide. Aduh, saya jadi malu, nih. Dahulu saya juga berpikir bahwa untuk mendapatkan ide tulisan yang cemerlang harus melakukan ritual ini-itu, harus begini, mesti begitu. Ternyata eh ternyata, anggapan saya salah! Ide bisa datang dari mana saja, kapan saja, di mana saja. 

Tips praktis mendapatkan beragam ide tulisan
Asah kepekaan. Sensitif melihat  dan mendengar hal-hal kecil yang ada di sekeliling kita. Memperhatikan dengan saksama, meski itu kelihatan sebagai sesuatu yang remeh. Psst … ide besar bisa saja muncul dari sana, lho.

2. Malas, ah!
Ini virus yang wajib dimusnahkan oleh diri sendiri. Tendang jauh-jauh, sampai masuk ke dasar samudra haha …. 

Tips singkat atasi malas ala saya
Kalau malas melanda ketika hendak menulis, Sobat kudu tetap buka laptop. Kalau enggak, coba ambil catatan dan pena. Mulai menulis apa saja yang ada di benak Sobat. Sepanjang yang Sobat mampu. Nah, abis itu berhenti sejenak. Baca kembali tulisan Sobat. Biasanya kalau sudah pemanasan sebentar, akan tumbuh rasa sayang. Sayang kalau tulisannya dibuang begitu aja padahal udah capek nulis 3 paragraf, sayang soalnya udah terlanjur basah, separuh jalan.  

3. Aduh, bosen!
Tak dimungkiri kadang rasa jenuh atau bosan merajai diri. Bosen soalnya hari-hari cuma nguplek ngadepin tulisan. Selebihnya ngurus rumah, kuliah, jalan-jalan aja kurang pfuuhh *ini cerita wanita kurang piknik hehe …. Kalau sudah begini, tidak ada salahnya istirahat sejenak. Lakukan hal lain yang membuat Sobat senang, contohnya nonton film, jalan ke mall, belanja ke pasar, atau menekuni hobi lain yang jauh dari rutinitas harian Sobat.


4. Merasa Tulisan Biasa Aja
Sudah coba menulis, tetapi tulisan terasa begitu-begitu saja? Hmm … bisa jadi Sobat kurang referensi bacaan atau membatasi bacaan di genre tertentu. Biar tulisan jadi lebih “wow” Sobat bisa mencoba keluar dari cangkang, baca buku dengan tema-tema baru, cari senior dan pelajari karya-karya mereka, termasuk bergabung dalam kelas menulis serta beragam komunitas untuk meningkatkan skill.

5. Bingung Mulai dari Mana
Mulai nulis dari mana? Mulailah menulis segala hal yang terlintas di pikiran Sobat. Bahkan membuat status di media sosial sekalipun bisa menjadi awal Sobat mulai menulis. 

Menjadi penulis itu enggak semanis kelihatannya. Perlu mental baja, semangat, dan konsistensi yang tinggi. Terus mengasah pena, siap untuk meluncurkan “peluru” ke berbagai media cetak atau online, siap menerima setumpuk penolakan dan siap untuk tetap rendah hati tatkala karya kita mejeng di berbagai media ternama. So, jangan enggan menulis kalau mau jadi penulis, atau Sobat bakalan disusul oleh penulis lain yang lebih rajin dan konsisten. Siap berjuang dan terus mengasah pena?

You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman