Resep Manjur dari Dapur

09.22

Gambar: pixabay
Indonesia kaya akan berbagai macam tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Sayangnya banyak yang tidak kita ketahui, apalagi di tengah zaman modern dimana kita dengan mudahnya mendapatkan berbagai macam obat. Tapi tak ada salahnya kita coba, misalkan di saat tengah malam atau tak sempat pergi ke apotek. Tak perlu jauh-jauh mencari tanaman obat, yuk kita tengok di dapur ada apa saja!

1.  Bawang merah
Yang satu ini pasti ada di dapur ya, Mak. Jika si kecil kembung cobalah haluskan bawang merah campur dengan minyak telon lalu balurkan ke perut si kecil.

2. Bawang putih
Bawang putih selalu kita gunakan saat memasak sayur jadi pasti selalu tersedia di dapur. Saat si  kecil demam, ambil bawang putih, haluskan, campur dengan minyak kelapa. Oleskan pada telapak kaki si kecil untuk menurunkan demam.

3. Asam jawa
Sengatan serangga seperti lebah, laba-laba, dan sebagainya, bisa menimbulkan gatal, bengkak,  maupun luka. Jika ini terjadi, ambil buah asam jawa, tumbuk, dan kompreskan pada bekas luka sengatan.

4. Jahe
Jahe bisa menghangatkan tubuh. Tinggal tumbuk saja dan seduh dengan air panas. Meminumnya dapat menghangatkan tubuh. Selain itu dengan minum jahe juga bisa mengatasi luka memar dan nyeri karena  jahe mengandung anti inflamasi. Bisa juga dengan menghaluskannya dan membalurkannya ke kulit yang memar.

5. Seledri
Selain jahe , seledri juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada memar karena mengandung zat analgesik. Hancurkan  seledri dalam plastik agar sari atau getah seledri tidak terbuang. Setelah halus tempelkan pada bagian yang nyeri.

6. Kunyit
Terserang diare di malam hari tentu saja sangat merepotkan ya, Mak. Tak perlu khawatir cukup parut kunyit, ambil airnya, campurkan dengan madu dan sedikit kapur sirih. Minum ramuan ini untuk  meredakan diare.

7. Kencur
Terserang batuk apalagi batuk berdahak tentu saja sangat menganggu. Kencur dikenal sebagai obat batuk, cara membuatnya cukup mudah. Parut kencur dan tambahkan air hangat lalu disaring. Bubuhkan sedikit garam kemudian diminum.

Tak perlu panik lagi ya, Mak, kalo tidak bisa mendapatkan obat dari apotek. Cukup tengok saja di dapur ada banyak bahan yang bisa kita jadikan obat.

==========
Biodata Penulis
Umi Fadhilah, Ibu rumah tangga yang aktif sebagai konsultan training bisnis dan kepenulisan di Indscript, juga pemilik di Nufa Books – Buku Bergizi untuk Keluarga.



You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman