Si Kecil Mandinya Asyik

23.08

Gambar: pixabay
Mengajak balita mandi kadang bukan perkara yang mudah. Tak jarang kita harus kejar-kejaran dengan si kecil, hingga terapi telinga sebab harus mendengarkan tangisannya, kode ia menolak mandi. Biar tak selalu capek di badan dan di hati yuk, kita siasati agar si kecil mandi dengan senang.


1. Main air
Mungkin tak banyak balita yang suka mandi. Tapi kalau main air hampir semuanya suka. Maka ketika jamnya mandi, katakan pada si kecil bahwa Bunda akan mengajaknya main air.

2. Bawa mainan
Membawa mainannya tatkala mandi bisa jadi umpan bagi si kecil agar semangat menyentuh air. Pastikan Bunda memilih mainan yang aman bila terkena air.

3. Bermain busa
Si kecil pasti senang bermain busa. Aktivitas ini bisa dilakukan sembari mandi. Ajakan bermain busa dapat membuatnya terpancing untuk segera mandi. Tak perlu repot membuat busanya, cukup dengan shampoo atau sabun saja istana busa akan tercipta.

4. Membaca buku
Membaca buku sewaktu mandi akan jadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Pilih buku yang aman untuk direndam air, biasanya disebut bath book.

5. Belajar sains
Mandi sambil belajar? Bisa dong! Cobalah Bunda jelaskan peristiwa sains sederhana saat mandi. Misalkan, mengapung, tenggelam, percampuran panas dingin menjadi hangat, dan sejenisnya.

6. Memasang kaca di kamar mandi
Pasang kaca di kamar mandi agar ia dapat melihat bagian tubuhnya yang sedang dibersihkan. Bagi si kecil melihat tubuhnya penuh busa adalah pemandangan lucu dan dapat membuatnya tertawa.

7. Ajak si kecil ngobrol
Meskipun belum lancar berbicara, tetaplah ajak ia mengobrol. Selain dapat melatih kemampuan bicaranya, buah hati juga akan merasa lebih senang. Kebiasaan ini pun mampu membangun kedekatan kita dengan si kecil.

8. Peralatan mandi yang lucu
Sediakan sabun, shampoo, dan pasta gigi dengan kemasan yang lucu dan menarik. Pilih juga peralatan mandi seperti sikat gigi, gayung, handuk dengan gambar hewan lucu atau karakter kesukaannya.

9. Jelaskan manfaat mandi dan berikan reward
Jelaskan padanya manfaat mandi dengan bahasa yang sederhana. Berikan reward padanya apabila ia mandi tepat waktu. Rewardnya tak selalu harus berupa barang. Ciuman dan pujian kita karena si kecil sudah mandi, cukup menyenangkan baginya. Dengan reward seperti ini, semoga si kecil tidak lagi susah diajak mandi.

==========
Biodata Penulis

Umi Fadhilah, Ibu rumah tangga yang aktif sebagai konsultan training bisnis dan kepenulisan di Indscript, juga pemilik di Nufa Books – Buku Bergizi untuk Keluarga. 



You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman