Trik Jitu Bunda Hadapi Mahalnya Sembako

09.39

Gambar: pixabay
Harga sembako naik? Pasti bikin panik  para ibu rumah tangga, bener apa bener?

Sejak awal tahun ini semua harga barang konsumsi sehari-hari pada naik. Apalagi dibarengi dengan kenaikan BBM, otomatis membuat panik ibu rumah tangga. Ibu-ibu harus mikir berkali-kali dalam membuat menu masakan untuk menghemat uang belanja tentunya. Setelah semua kebutuhan sehari-hari naik, apakah gaji karyawan ikut naik?

Ternyata tidak, itulah kenyataannya. Untuk mensiasati hal tersebut, saya akan berbagi informasi cara menghadapi kondisi di atas. Cara ini saya duplikasi dari orang tua saya. Berikut adalah cara yang saya gunakan.

1. Tanam sayuran dan bumbu dapur yang sering di konsumsi
Jika kita punya sedikit lahan kosong, sebaiknya untuk sayuran dan bumbu dapur bisa ditanam sendiri. Untuk jenis sayuran, tanam sayuran yang mampu bertahan lama contohnya katuk, daun singkong. Contoh Bumbu dapur yang mudah ditanam adalah kencur, jahe, kunyit dan cabe. Yang nggak punya sisa lahan bisa menanamnya di pot atau di media polybag. Sekarang juga sudah banyak cara menanam tanaman di lahan yang sempit misalnya dengan hidroponik. Dengan punya tanaman sayur sendiri, kita juga benar-benar menggunakan sayur yang sehat karena di petik langsung sebelum diolah menjadi masakan.

2. Belajar hemat
Belanjakan uang dapur untuk keperluan yang penting-penting dahulu. Untuk keperluan sehari-hari belanjakan secukupnya, jangan berlebihan. Misalnya belanja sayuran seperlunya untuk satu keluarga, jangan sampai menyisakan sayuran yang membusuk di lemari pendingin.

3. Kurangi belanja yang tidak perlu
Para ibu pasti senang belanja, itu sudah kodratnya wanita. Nah, untuk menyiasati hal ini cobalah mengerem hobi belanjanya, ya, Bu. Dengan seminim mungkin keluar rumah, contohnya ke mall atau jalan-jalannya dikurangi, pasti bisa mengurangi pengeluaran.

4. Belanja di pasar tradisional
Mungkin buat para ibu metropolis yang terbiasa berbelanja di supermarket enggan untuk ke pasar. Tapi karena kondisi yang lagi sulit, cobalah bersahabat dengan pasar, pasti hasil belanjaannya nggak jauh berbeda dengan di supermarket. Dapat barang kelas supermarket, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Itu sudah bisa dipastikan mengurangi pengeluaran.

Setelah semua itu dijalankan, saya yakini pengeluaran Ibu pasti berkurang dan jadi punya uang lebih untuk menabung. Ini cara saya menyikapi semua masalah keuangan, mudah-mudahan bisa untuk referensi para pembaca.

=======
Biodata Penulis

Kusyatiningsih, IRT, konsultan training nulis dan bisnis di 
Indscript, Owner Befashop.


You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman