Kiat Praktis Membersihkan Kamar Mandi

21.35

Gambar: pixabay
Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang kerap 
diabaikan kebersihannya. Padahal merawat kamar mandi dan 
memastikan kondisinya selalu bersih sangat penting lho, Mak. Hal ini dikarenakan kamar mandi kotor akan menciptakan ketidaknyamanan bagi seluruh penghuni rumah. Bau menyengat hingga resiko terpeleset disebabkan lantai kamar mandi jarang digosok pun sangat mungkin Emak alami akibat mengabaikan kebersihan ruangan mungil yang satu ini. Berikut beberapa tips praktis membersihkan kamar mandi yang dapat Emak terapkan.

1. Pastikan Bebas Sampah dan Barang-barang
Sebelum pembersihan ruang mandi dimulai, Emak harus mengungsikan semua barang yang dapat menghambat proses bersih-bersih. Sebagai contoh, baju yang tergantung di tembok dan belakang pintu, ember kecil berisi sabun serta peralatan mandi, hingga plastik bekas sampo dan sampah-sampah kertas sabun yang mungkin terselip di ventilasi kamar mandi atau ember sabun.

2. Proses Pembersihan yang Tepat
Awali berbenah kamar mandi dari menggosok lantai terlebih dahulu, dilanjutkan dengan mengelap dindingnya, membersihkan kloset, langit-langit, menguras bak penampungan air, dan terakhir adalah membersihkan kotoran di benda-benda yang terdapat pada ruang mandi, misalnya, cermin, wadah sabun, debu di gantungan baju, dan sebagainya. Kenapa dimulai dengan menggosok lantai? Alasannya, lantai merupakan bagian utama kamar mandi. Apabila ada anggota keluarga yang mendadak ingin menggunakan ruang mandi, paling tidak lantainya tak licin lagi. Dengan begini, bahaya terpeleset pun dapat dihindari.

Pastikan semua sudut kamar mandi sudah digosok. Jangan hanya menggosok bagian yang terlihat kotor saja ya, Mak. Sisi-sisi yang tampak bersih bisa jadi malah merupakan sudut favorit kuman serta bakteri.

3. Pembersih Alami? Boleh Juga!
Tidak semua bahan pembersih aman digunakan. Sebagian ada yang malah mengandung racun dan berpotensi mengganggu kesehatan. Wah, jadi tidak boleh pakai bahan pembersih buatan pabrik, dong? Tetap boleh, Mak. Namun perhatikan aturan pakai yang ada di kemasan, ya. Nah, sebagai alternatif, Emak dapat mencoba menggunakan beragam bahan alami untuk membersihkan ruang mandi. Beberapa bahan yang bisa Emak pakai, di antaranya lemon, garam, serta cuka. Lemon berguna untuk mengusir noda dan karat yang membandel, larutan air garam bisa membantu hilangkan lumut,  sementara larutan cuka ditambah sabun mampu membebaskan kamar mandi Emak dari kerak.

4. Libatkan Seluruh Anggota Keluarga
Pembersihan kamar mandi bisa dilakukan 2-3 kali seminggu. Supaya lebih ringan, ritual bersih-bersih bisa dicicil kok, Mak. Misal, hari ini setelah mandi Emak membersihkan lantainya dulu, besok lanjut ke kloset, dan seterusnya. Kalau perlu berbagilah tugas dengan suami dan anak-anak. Libatkan mereka dalam urusan berbenah rumah, termasuk giliran membersihkan ruang mandi.
 

Kamar mandi yang bersih akan memengaruhi tingkat kesehatan para penghuni rumah. Emak dan keluarga pun terhindar dari kecelakaan serta aroma kurang sedap ruangan itu. Selamat membersihkan kamar mandi, Mak!

Penulis: Dian Novandra

You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman