Raup Ragam Ilmu Menulis di Joeragan Artikel

15.23

Flyer training FB Personal Jadi Nominal
Berkomitmen menjadi penulis, artinya kita harus siap menggali ilmu sepanjang hayat. Jangan sampai tulisan kita tidak berkembang, begitu-begitu saja, garing, tidak menarik minat pembaca. Itulah gunanya meng-upgrade dan update ilmu menulis.

Pernah terjebak di zona nyaman? Sejujurnya saya jawab ya, pernah. Saya telanjur jatuh hati pada dunia penulisan cerita anak-anak kala itu. Setiap hari, saya meluangkan waktu untuk menorehkan ide-ide cerita yang nantinya bakal digarap menjadi cerpen anak kece. Akan tetapi, zona nyaman sungguh mematikan. Kenyamanan membuat seseorang enggan untuk keluar dan belajar. Merasa sudah hebat di satu genre tulisan, berdampak pada tumbuhnya kemalasan mencoba menulis di luar genre yang dikuasai. Dan itu terjadi pada saya.

Fakta yang tak terbantahkan adalah bahwa penulis tetap manusia biasa. Kita butuh penghasilan untuk menyambung hidup atau sekadar menambah tabungan. Cerita anak yang dikirim juga belum pasti akan terbit, masih mungkin mengalami penolakan. Peluang dari cerita anak ini bisa dibilang kalah jauh dari peluang menulis artikel. Ya, memang ada, pangsa pasar untuk cerita anak jika tekun dan konsisten mengirim karya ke beragam media. Namun kesempatan lebih luas mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan cepat di masa sekarang adalah dengan menjadi penulis artikel.

Peluang emas ini terendus juga oleh seorang wanita asal Bandung, Sri Kuswayati. Banyaknya kebutuhan akan artikel, terutama konten website ditambah hadirnya kolom di berbagai media online serta cetak yang membuka kesempatan untuk penulis luar berkontribusi, membuat ibu dari 4 orang anak pemilik nama pena Ummi Aleeya ini mantap mendirikan sebuah agensi naskah dan pelatihan online khusus perempuan bernama Joeragan Artikel. Selain bertujuan menjawab kebutuhan akan penulis artikel profesional, Joeragan Artikel pun ingin mengajak para perempuan berpenghasilan dari aktivitas menulis.

Joeragan Artikel mempersembahkan beragam training menulis, mulai dari fiksi hingga non fiksi yang menyesuaikan dengan kebutuhan para perempuan. Beberapa training yang bisa jadi pilihan antara lain, training status cantik, gampang bikin artikel dan gampang jebol media, facebook personal jadi nominal, membuat artikel review, copywriting, press release dan reportase, training editor, serta antologi. Untuk bulan Agustus 2017 ini, ada sebuah training baru yaitu training menulis resensi buku yang rencananya akan digelar pada 15 Agustus 2017.





Digawangi oleh mentor-mentor yang berpengalaman di bidang masing-masing, ditambah admin yang friendly membuat setiap training Joeragan Artikel berjalan sersan, serius tetapi santai. Saat ini, semua training penulisan dilaksanakan di grup Facebook mulai pukul 20.00 sampai dengan 22.00 WIB. Walau pemberian materi hanya sehari, namun tetap ada pendampingan peserta antara 7-14 hari. Selama kurun waktu tersebut, peserta bebas bertanya kepada mentor apabila ada hal-hal terkait materi training yang belum dimengerti.

Owner Joeragan Artikel sangat mengerti akan keadaan perempuan, terutama para ibu rumah tangga yang tidak semua memiliki penghasilan tetap. Inilah alasan yang mendasari harga training Joeragan Artikel murah meriah, ramah di kantong. Hanya dengan 50 ribu rupiah sampai yang tertinggi, 500 ribu rupiah, peserta sudah bisa menyedot aneka ilmu tulis-menulis.

Pelaksanaan training secara online sebetulnya sangat fleksibel dan memudahkan para perempuan, khususnya ibu rumah tangga dalam belajar. Sistem online memungkinkan mereka yang berada di luar negeri tetap dapat mengikuti aneka macam training Joeragan Artikel. Materi yang bisa diakses kapan saja, diskusi yang dapat dilakukan di mana pun, tidak akan mengganggu aktivitas rumah tangga. Sayangnya tidak semua calon peserta familier dengan training via online dan masih banyak yang meminta dilaksanakan training tatap muka atau offline.

Lantas, bagaimana nasib para alumni training Joeragan Artikel setelah usai belajar? Alumni tentunya tidak dilepas begitu saja. Akan ada peluang challenge dengan bermacam hadiah, mulai dari yang berbentuk benda sampai dengan rupiah, serta berkesempatan mendapatkan job penulisan artikel. Jadi, sudah siap belajar dan berpenghasilan dari menulis?

Penulis: Dian Novandra


You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman