Tips Membuat Ruang Tidur Sejuk Tanpa AC

16.21

Ruang tidur yang nyaman, sejuk, dan bersih akan membuat istirahat Emak lebih berkualitas dan produktivitas kerja pun meningkat. Ini serius! Mereka yang kurang tidur atau jam istirahatnya terganggu bakal lemas, mengantuk, dan kurang bersemangat di pagi hari.

Panasnya kamar merupakan salah satu faktor yang membuat tidur jadi kacau. Lalu, bagaimana caranya agar ruangan tersebut menjadi sejuk dan nyaman? Berikut langkah praktis yang bisa dilakukan.

1. Gunakan Lampu dengan Watt Kecil
Cahaya lampu dapat memengaruhi panas atau sejuknya suatu ruangan. Coba, deh, Emak nyalakan lampu di siang hari, pasti ruangan akan terasa lebih panas. Guna menciptakan kamar tidur nan segar, Emak bisa memakai lampu dengan watt kecil saja. Ini berlaku untuk para emak yang tidurnya tidak bisa tanpa lampu, ya.

2. Modifikasi Kipas Angin
Botol modifikasi untuk tempat es batu
Membuat kipas angin rasa AC? Bisa kok! Seperti  Emak   ketahui bahwa AC bikin tagihan listrik bengkak. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, Emak juga dapat merasakan kesejukan AC dengan bermodal kipas angin saja. Salah satu cara yang sudah saya praktekkan adalah dengan membuat wadah dari botol bekas yang diberi lubang udara kecil-kecil di sisi atas, lengkap dengan pengait untuk menggantung. Selanjutnya ambil es batu secukupnya, gantung di belakang kipas angin, biarkan kipas berputar, menyejukkan ruang tidur Emak.

3. Ventilasi Silang Lebih Baik
Ventilasi silang merupakan lubang udara yang saling berhadapan di bagian kiri dan kanan sisi rumah. Sirkulasi udara di dalam kamar akan lebih baik dengan adanya ventilasi silang. Emak pun tidak perlu berkipas atau berpeluh karena hawa panas yang menyerang.

4. Cat Dinding Berwarna Sejuk
Warna cat dinding pun dapat berpengaruh pada sejuk atau panasnya kamar tidur. Untuk ruangan yang satu ini, disarankan memilih warna-warna segar seperti biru, hijau, atau cokelat sehingga tidak akan menimbulkan kesan panas di ruangan.

Istirahat yang berkualitas membuat suasana hati Emak tatkala bangun di pagi hari lebih bahagia dan tubuh pun segar. Ternyata menciptakan kesejukan ruang tidur praktis banget ya, Mak. Selamat mencoba!

dari berbagai sumber

Dian Novandra, 01/08/2017


You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman