Gambar tema oleh Igniel

About me


Dian Novandra. Ibu dari dua buah hati, Raisya Kayla Askanah dan Faris Ar-Rahman.
Content writer
Blogger pemula

Laporkan Penyalahgunaan

3 Cara Menyimpan Timun Agar Tetap Segar dan Crispy

Posting Komentar
Cara menyimpan timun agar tetap segar
























EEmak penggemar timun? Pastinya pernah melakukan berbagai cara menyimpan timun agar tetap segar, ya. Timun bukan hanya enak dilalap, tapi juga mantap jika dibuat acar.

 

Yups, sate tanpa acar timun rasanya kurang komplit, deh. Beberapa waktu lalu, saat sedang demam sate hari raya Idul Adha, saya berniat mempersiapkan acar sebagai pelengkap sate. Akhirnya cepat-cepat  bongkar kulkas. Duh, mendadak lemas lihat penampakan timun yang sudah kisut dan layu. Hikss ….

 

Rasanya belum lama saya membelinya. Agak kecewa, sih, Mak. Yah, mau gimana lagi? Warung juga tutup karena masih dalam suasana lebaran qurban. Nah, biar Emak terhindar dari peristiwa timun keriput, lakukan cara menyimpan timun agar tetap segar dan kriuk yang dilansir epicurious.com berikut ini.

 

1. Pastikan Timun dalam Kondisi Baik

Mentimun yang dapat disimpan dalam waktu cukup lama di kulkas adalah buah dengan kondisi masih baik. Tidak ada bagian lembek, kotoran, maupun jamur yang melekat di permukaannya. Bagaimana jika menemukan timun berjamur atau lembek? Sebaiknya buang bagian yang rusak tersebut dan konsumsilah segera.

 

2. Memastikan Timun Harus Kering Termasuk Cara Menyimpan Timun Agar Tetap Segar, lo!

Sebelum memasukkan timun ke kulkas, sebaiknya keringkan permukaan buah terlebih dahulu. Langkah ini bertujuan agar timun tidak cepat busuk karena lembap. Setelah itu  barulah bungkus memakai tissu dan masukkan ke dalam plastik. Jangan menutup rapat kantong supaya sirkulasi udaranya tetap terjaga.

 

3. Hindari Freezer atau Bagian Kulkas yang Dingin 

Emak tidak perlu menyimpan timun di freezer, pilih bagian kulkas lainnya yang tidak terlampau dingin. Cara ini mampu membuat timun segar serta awet sekitar semingguan.

Selain mengetahui cara menyimpan timun agar tetap segar, kita sebaiknya juga menggali informasi tentang buah berkulit hijau ini. Kata orang tak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu, ketahui beberapa manfaat yang terkandung dalam buah berair banyak ini seperti dilansir oleh Healthline berikut:

 

1. Memperlancar Pencernaan

Kalau emak sering sulit buang air besar, cobalah konsumsi timun secara teratur. Ingat bahwa salah satu penyebab konstipasi adalah kurang minum. Nah, kalau emak gemar memakan timun dapat menaikkan hidrasi sehingga buang air besar pun lancar. Terlebih timun juga buah yang kaya serat yang tentunya dapat membantu mengatasi masalah buang air besar yang tak lancar.

 

2. Mengontrol Bobot Tubuh

Selain dibuat acar, mentimun juga kerap ditemukan dalam olahan-olahan segar seperti es, salad, atau rujak. Beberapa studi menyebutkan konsumsi bahan makanan segar yang tinggi kandungan air, tapi kalorinya rendah ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, lo. Jadi, buat emak yang sedang diet, cocok banget kalau konsumsi timun. Asal jangan ada tambahan gula dan bahan-bahan lain yang mengandung kalori tinggi.

 

3. Tinggi Nutrisi

Buah yang terdiri dari 96% air ini meski mempunyai kandungan kalori yang rendah, tetapi kaya akan nutrisi seperti, vitamin K, kalsium, serta kalium. Supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga, disarankan agar tidak mengupas kulitnya sebelum dikonsumsi.

 

4. Kaya Antioksidan

Selain segar, buah yang mempunyai biji banyak di bagian tengahnya ini pun kaya antioksidan penangkal radikal bebas. Seperti kita ketahui, bahwa radikal bebas amat berbahaya untuk kesehatan sebab dapat memicu timbulnya penyakit seperti paru-paru, jantung, hingga kanker. Kandungan tanin juga flavonoid yang ada dalam buah segar ini ternyata efektif memblok radikal bebas juga, lo. So, jangan ragu buat mengonsumsi ketimun secara terarut, ya.

 

Wow, ternyata manfaat timun itu banyak dan mudah sekali cara menyimpan timun agar tetap segar, ya. Kalau begini membuat acar sebagai pelengkap sate pun akan lancar.

 

Dian Novandra
Hai, saya Dian Novandra. Ibu dari Raisya Kayla Askanah dan Faris Ar-Rahman. Senang menulis artikel dan cerita anak.

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email