Penulis Pemula Tembus Penerbit Besar? Why Not!

08.59

Sumber: video di grup @pasukan reporter JA
Program Isu Perempuan yang digawangi Indari Mastuti, Owner agensi naskah dan Training Center Indscript Creative kembali tayang. Isu Perempuan kali ini mengusung topik “Penulis Pemula Bisa Tembus Penerbit Besar” dengan memanfaatkan live video melalui media sosial Facebook, Selasa (20/11).

Mengawali siaran langsung, Indari memperlihatkan beberapa buku baru terbit yang merupakan hasil kerjasama Indscript Creative dengan Penerbit Penebar Swadaya Grup. Beberapa judul buku yang telah rilis di antaranya, 99 Bisnis Reseller, 99 Solusi Medis Herbal dan Holistik, Six Sigma, KPI Industri, serta Multiple Intelegence (buku keterampilan dan aktivitas).

Pada sesi berikutnya, Indari mengundang narasumber lain yaitu Chika Ananda selaku Young CEO Indscript Copywritinglini tertua di Indscript Creative. Selama lebih dari 3 tahun, perempuan kalem berhijab ini mengurus bagian naskah dan kepenulisan. Indscript Copywriting akan membantu para penulis menyalurkan naskah dan mencari penerbit yang sesuai.

Ketika ditanya bagaimana caranya menangani penulis pemula, Chika menjelaskan bahwa beberapa penulis tergabung di komunitas asuhan Indscript Creative seperti IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis), IIDB (Ibu-ibu Doyan Bisnis), atau Sekolah Perempuan, sekolah menulis khusus perempuan persembahan Indscript dengan target menyelesaikan satu buku. Banyak alumni Sekolah Perempuan yang sukses menerbitkan buku. Sebut saja Dokter Siti yang berhasil menulis “99 Solusi Medis Herbal dan Holistik” di usianya yang sudah 73 tahun. Bisa dikatakan Sekolah Perempuan adalah lumbungnya penulis baru.

Di tengah perbincangan dengan Chika, Indari pun memperkenalkan partnernya yang lain bernama Hayati Fauziyah. Perempuan yang akrab disapa Ozie ini berprofesi sebagai desainer dan mengusung brand Lovely Zia.

Selanjutnya, Chika juga menyampaikan bahwa penulis pemula harus sabar dan gigih. Tetap produktif menulis sembari menunggu kepastian naskah yang diajukan ke penerbit. Biasanya diterima atau ditolaknya naskah dapat diketahui setelah kurun waktu tiga bulan, bahkan ada yang sampai dua tahunan. Faktor yang menyebabkan lamanya ACC  antara lain, adanya masalah finansial di penerbit atau momen yang lewat sehingga harus menunggu tahun berikutnya. Tahun 2018, Chika pun memiliki inovasi dengan menghadirkan program anyar bernama Ceriwis yang rencananya akan tayang sebulan sekali dengan mengusung tema berbeda-beda, namun tetap dalam lingkup kepenulisan. Pendaftaran Ceriwis bisa melalui Whatsapp 0813-2073-9009 atau via email indscript.creative@gmail.com

Program Issu Perempuan ditutup dengan informasi workshop Fuzia Fashion Project bertema “Repair Your Fashion Bisnis, Do it Right, Do it Better.” dengan narasumber Indari Mastuti dan Fufu Hood.

“Bagi yang ingin mendaftar, silakan hubungi 0813-2020-2090” kata Ozie mengakhiri perbincangan.

You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman