Bagi Ibu Rumah Tangga, Me Time 5 Menit Bisa Bikin Tetap Waras Sepanjang Hari

06.33

Sumber: pixabay.com
Dibandingkan dengan pekerja kantoran, tingkat stres ibu rumah tangga lebih tinggi. Pekerjaan  yang monoton, seolah tidak ada habisnya, ditambah ruang gerak terbatas, membuat para ibu kerap merasa bosan dan tertekan.

Me Time Pengusir Stres atau Penambah Depresi?
Sejatinya untuk terhindar dari depresi di tengah kesibukan mengurus rumah tangga, para ibu hanya butuh waktu sendiri. Melakukan kegiatan yang disukai dan move on sejenak dari rutinitas yang monoton. Me time sangat penting demi terjaganya kesehatan jiwa sang ibu. Ibu boleh memilih me time apapun asalkan benar-benar efektif dan memungkinkan untuk dilakukan. Jangan malah demi terlaksananya me time, ibu justru makin tertekan memikirkan caranya.

Berikut beberapa hal yang harus ibu lakukan supaya me time tidak berbalik menjadi beban.

1. Komunikasikan dengan orang-orang yang ada di rumah
Sebagian ibu enggan mengomunikasikan keinginannya untuk istrirahat sejenak mengurus rumah kepada pasangan serta buah hati. Hal ini berakibat pada gagalnya me time dan tentu bakal memengaruhi mood ibu.

2. Me Time yang mustahil
Hindarilah memilih me time yang aneh atau sukar dilakukan, meskipun ibu senang dengan aktivitas tersebut. Sebagai contoh, travelling atau shopping. Tidak mungkin ibu meninggalkan rumah hanya demi mewujudkan me time impian bukan? Pilihlah kegiatan sederhana yang dapat dilakukan di rumah serta membuat hati senang, sebagai contoh, menikmati es campur atau es buah, membaca, karaoke, menulis, dan sebagainya.

3. Fleksibel
Suatu ketika ibu sudah membuat jadwal me time pada hari dan jam tertentu. Akan tetapi, pas waktu yang sudah ditentukan anak malah rewel, suami sakit, atau ada tamu dari luar kota. Dalam kondisi demikian, ibu diharapkan tidak kaku. Atur ulang jadwal me time dan tuntun otak agar tidak berpikir negatif atau memendam kekecewaan disebabkan rencana yang gagal.

4. Sesuai dengan kantong
Ketika belum menikah, ibu melakukan me time dengan membeli banyak camilan? Upss … mungkin kebiasaan ini akan berubah setelah menikah, ya. Dibandingkan membeli jajanan, biasanya ibu lebih memilih membelanjakan uang untuk keperluan dapur seperti beras maupun sayur mayur. Jadi sesuaikan bujet untuk aktivitas me time dengan anggaran yang ibu miliki. Jangan besar pasak daripada tiang. Demi me time berlangsung, rela mengeluarkan uang berapa pun? No!

5. Waktu Me Time
Tidak butuh berjam-jam untuk membuat tubuh dan pikiran segar kembali. Hindari memanfaatkan masa me time supaya ibu terbebas dari kegiatan berbenah rumah.

Jangan ragu mengutarakan keinginan me time ibu pada anggota keluarga lain. Sebab, aktivitas tersebut akan membuat jiwa raga kembali segar dan ibu pun makin produktif.


You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman