Bincang-Bincang Buku Baru Tere Liye di Gedung Gramedia Jambi: Ternyata Tak Ada yang Istimewa di balik Kesuksesan Sang Penulis “Komet”

14.42


Foto: dok. pribadi
Seorang penulis produktif sekelas Tere Liye, pasti memiliki trik khusus untuk menciptakan buku-buku best seller. Inilah salah satu hal yang memancing rasa penasaran banyak orang, tak terkecuali para penulis pemula. Siapa, sih, yang tidak ingin karyanya melejit, diterima pasar, laris manis, serta cetak ulang seperti Tere Liye? Penulis kelahiran tahun 1979 yang bernama asli Darwis itu, hingga saat ini (24/06/2018) telah menelurkan 30-an novel. Bertempat di Gedung Gramedia Jambi, acara roadshow Tere Liye berlangsung meriah.

Di awal acara, dia menceritakan bagaimana proses penulisan karya terbarunya yaitu “Komet” serta “Ceros dan Batozar”. Dua buku yang dirilis bulan Juni tersebut, mengusung genre fantasi. Di sela perbincangan, Tere Liye mengungkapkan pentingnya riset bagi penulis. Salah satu sarana efektif yang dapat digunakan ialah media sosial.

“Dengan riset, kita akan mengetahui karakter atau hal apa saja yang diinginkan pembaca,” ujar Tere Liye. Di samping membahas mengenai buku barunya, Tere Liye juga memberikan motivasi menulis dan membuka sesi tanya jawab. Kesimpulan dari interaksi dengan penggemar, ternyata tidak ada yang istimewa, lho, di balik kesuksesan penulis novel “Moga Bunda Disayang Allah” itu. Berikut catatan penting untuk para penulis pemula:

1. Jangan cengeng dan mudah menyerah. Jadilah penulis tangguh, tahan banting. Jangan takut ditolak, kena kritik, dibully. Jadikan semua pembelajaran;
2. Tidak ada resep khusus bila ingin menjadi penulis produktif. Berhenti  bertanya dan menunda, menulislah!
3. Berlatih dan mau menerima saran pembaca;
4. Ciptakan karya yang unik. Berani mengangkat tema berbeda, berani jadi aneh dan antimainstream;
5. Tak akan ada writers block ketika seseorang memiliki keinginan dan tekad kuat dalam menulis.

Acara yang berlangsung dari pukul 15.00 sampai dengan 17.00 WIB ini berakhir dengan sesi sapa penggemar dan book signing.



You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman