3 Manfaat Ngerumpi Berfaedah di Komunitas Menulis Online

06.00

Sumber: pixabay/geralt
Astagfirullah ... yang namanya ngerumpi tetep dosa! Witss bener banget, tuh. Tapi ada juga yang disebut ngerumpi berfaedah. Saya nyomot istilah ini dari temen-temen sesama emak yang kerap saling sapa via media sosial baik itu WhatsApp maupun Facebook.


Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk bisa melakukan aktivitas ngerumpi berfaedah adalah dengan bergabung ke dalam komunitas sesuai hobi kita. Karena konteksnya adalah penulis dan menjadi penulis produktif, kamu bisa bergabung jadi anggota grup kepenulisan atau komunitas menulis online di berbagai media sosial. Apa aja, yaa, manfaat join

1. Mendapatkan Ilmu gratis
Saat sudah gabung dalam komunitas, cobalah untuk aktif di sana. Jangan cuma menyimak. Promosikan diri dan karyamu. Buat anggota komunitas mengenalmu. Tak perlu malu bertanya, pelajari dan simpan juga materi-materi penting yang di-share narasumber. Umumnya orang yang diundang menjadi narasumber suatu grup adalah para senior yang telah malang melintang di ranah kepenulisan.

2. Jaringan Pertemanan
Komunitas memungkinkan kita bertemu lebih banyak orang. Tidak sebatas penulis, melainkan juga orang yang berkecimpung di dunia penerbitan, freelancer, editor, sampai ilustrator. Kita pun akan lebih mudah mencari teman berkolaborasi. Sebagai contoh, suatu hari kita ingin menciptakan komik, sayangnya tidak pandai menggambar. Kita bisa menggaet komikus untuk mewujudkan komik impian.

3. Klien Baru
Bagi kamu yang berprofesi sebagai penulis artikel freelance atau pembuat konten website, blog, serta fanspage, tentunya penting untuk bergabung ke grup lain di samping komunitas menulis. Salah satunya ialah komunitas pebisnis. Dengan aktif mempromosikan diri dan berinteraksi, maka kita pun berpeluang lebih besar memperoleh pesanan dari klien yang tak terduga.


Hal yang harus diperhatikan saat ngerumpi berfaedah

Bukan rahasia lagi jika para emak gemar ngobrol. Kalau sudah ketemu topik yang asyik, berbincang berjam-jam serasa satu menit. Termasuk berinteraksi dengan kawan-kawan di komunitas online. Hal inilah yang terkadang bikin terlena dan lupa waktu, sehingga pekerjaan yang harusnya selesai hari tersebut jadi terbengkalai. Karena itu, penting untuk membuat daily activity. Lakukan pencatatan secara rutin, dimulai dari aktivitas terpenting setiap harinya. Dengan adanya pencatatan, maka kita tidak akan lalai atau menghabiskan waktu hanya untuk ngobrol. Jadwal yang teratur senantiasa mengingatkan kita dan membuat kita jadi lebih disiplin. So, ngerumpi berfaedah tetep bisa jalan, tanpa mengganggu aktivitas lainnya.


Salam,


Mak Belalang






You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman