3 Cara Meningkatkan Produktivitas Menulis Hanya dengan Modal Gawai

07.40




Hal, Pabelz!

Siapa, sih, yang tidak ingin menjadi penulis produktif? Berdasarkan KBBI yang dimaksud dengan produktif adalah bersifat atau mampu menghasilkan (dalam jumlah besar) atau mendatangkan (memberi hasil, manfaat, dan sebagainya); menguntungkan. 

Tentunya buat kamu yang tengah menggeluti dunia penulisan baik itu fiksi maupun nonfiksi, produktivitas penting banget, ya. Kalau tidak konsisten dan produktif, siap-siap saja kena libas mereka yang lebih tekun dan rajin. Tidak perlu pakai cara njelimet dan mahal, Pabelz. Cuma dengan modal gawai, kamu pun bisa meningkatkan produktivitas, lo. Caranya?

1. Note To Do List
Kamu wajib memiliki aplikasi note atau catatan. Jangan cuma ditatap manja atau dibiarkan menganggur, dong. Rancang to do list, segala aktivitas yang hendak kamu lakukan esok secara berurutan. Termasuk juga pencatatan deadline, proyek menulis, dan segala yang berhubungan dengan target tulisanmu. Langkah ini bermanfaat agar segala agendamu bisa selesai dengan baik. Tidak ada pekerjaan terbengkalai dan kamu pun dapat menyusun agenda baru apabila kebetulan ada aktivitas dalam list harian yang tidak terselesaikan pada hari tersebut.

2. Membuat Bank Ide
Bank ide ini selain bisa dicatat dalam note kecil, juga dapat disimpan pada catatan ponselmu. Cara membuat bank ide adalah dengan mengamati sekelilingmu dan "menangkap" apa yang terlintas di benakmu. Lihat apa saja yang ada di sekitar, catat poin-poin pentingnya supaya tidak lupa. Sebagai contoh, ketika melihat tukang sayur kamu ada ide tentang sayur mayur yang cocok dikonsumsi mereka yang sedang diet, atau kala melihat donat bantat, cobalah membuat atau mencari tahu penyebab bantat untuk dituangkan dalam bentuk artikel. Di samping itu kamu juga dapat mencari resep donat menul lezat nan praktis.

3. Beragam Aplikasi untuk Tambah Skill
Kamu bisa install beragam aplikasi di playstore yang dapat menambah keterampilanmu. Sebagai contoh, WhatsApp berguna sebagai ladang mencari ilmu melalui beragam grup-grup kepenulisan, selain medsos seperti Facebook. Aplikasi editing foto, berguna untuk para penulis yang ingin mempercantik gambar bukunya, atau membuat flyer, sebagai bagian dari promosi online.

Kunci produktif yang utama ada dalam dirimu. Niat kuat, kedisiplinan, pantang menyerah, dan mau terus belajar adalah beberapa di antaranya. Yuk, jangan biarkan hari-hari terlewat begitu saja, Pabelz! Pastikan kamu mengisi dengan berkarya, yaps.

 Salam,



Mak Belalang

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community (Day 3)

You Might Also Like

2 komentar

Total Tayangan Halaman