5 Kesalahan Sebelum Memulai Bisnis Kue Kering

23.18



Praktis, tidak repot, dan rasa terjamin, demikian beberapa alasan kue kering senantiasa laku di pasaran. Kudapan ini tak cuma laris manis menjelang hari besar seperti Idulfitri, akan tetapi juga mampu menggaet banyak konsumen saat hari-hari biasa. Mereka yang tidak hobi memasak atau belum berumah tangga tentu lebih memilih membeli kue dibandingkan membuat sendiri. Tidak heran, ya, kalau bisnis kue kering menjadi salah satu usaha yang patut dicoba.

Apabila kamu berniat untuk menjajal manisnya usaha kue kering, kamu harus memiliki persiapan matang. Ketahui juga beberapa kesalahan yang umum dilakukan orang sebelum terjun jadi pebisnis kua kering seperti berikut ini.

1. Kurang Skill Membuat Kue
Seiring meningkatnya permintaan, maka kian bertambah pula pebisnis kue kering. Tak bisa dimungkiri bahwa kue hasil olahan tangan-tangan profesional, pastinya berbeda dengan mereka yang pemula, ya. Karena itulah bila tidak mau tergilas roda persaingan, kamu tidak boleh sayang menyisihkan uang untuk belajar dan meng-upgrade ilmu memasak, terutama yang berhubungan dengan produkmu. Nah, carilah kelas-kelas online maupun offline. Kosongkan gelas untuk belajar pada para ahli.

2. Tidak Berinovasi
Zaman sekarang kalau ingin bisnis maupun usaha tahan lama, ya, harus melakukan inovasi tiada henti. Bayangkan apabila kamu enggan melakukan inovasi, meskipun kue kering buatanmu lezat namun tanpa inovasi, bisnis akan sulit berkembang apalagi bersaing. Inovasi yang dapat kamu lakukan di antaranya, mengubah bentuk dan warna kue, kemasan, sampai dengan topping maupun isian.

3. Promosi Kadang-kadang dan Monoton
Kamu yang memilih berjualan online maupun offline, harus tetap memerhatikan masalah promosi, lo. Jangan abai dengan kegiatan yang satu ini sebab inilah ujung tombak kelangsungan bisnis. Malas melakukan promosi, membuatmu kehilangan kesempatan menggaet sebanyak mungkin calon pembeli. Khusus untuk berjualan via online, kamu wajib mempelajari aneka teknik promosi seperti, hard selling, soft selling, heart selling, hypno selling, sampai dengan covert selling. Kamu bebas menggunakan cara yang mana atau bisa juga selang-seling.

4. Kemasan Tidak Diperhatikan 
Tampilan merupakan cerminan keseriusan pebisnis. Hmm … ungkapan ini ada benarnya juga. Kamu pasti akan lebih terkesan dan memilih produk dengan bungkus yang cantik dibanding wadah yang tampak asal-asalan, bukan? Cermati pula kelengkapan informasi seperti tanggal produksi sampai dengan kedaluwarsa.

5. Jujur
Baik di bisnis kue kering atau usaha lainnya, kejujuran wajib dijunjung tinggi. Sebagian pedagang nakal suka memberikan informasi palsu terkait produknya. Sebagai contoh, ia menggunakan tepung A untuk membuat kue kering. Namun saat ditanya calon pembeli ia menyebutkan merk tepung lain (yang kualitasnya di atas tepung A). Stop aksi ini! Sampaikan apa adanya ketika ditanya komposisi kue kering buatanmu. Tidak perlu ada yang ditutupi hingga memberikan informasi palsu. Jujur akan membuat kamu beruntung dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Demikian beberapa kesalahan yang kerap dilakukan sebelum memulai bisnis kue kering. Tak cukup keterampilan yang memadai, attitude yang baik pun sangat dibutuhkan. Jadi, sudah siap untuk membuka usaha kue kering sendiri?


Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community (Day 5)



You Might Also Like

2 komentar

Total Tayangan Halaman