5 Trik Mencari Ide Artikel

23.44




Menjadi penulis artikel produktif itu tidak mudah. Yes, terutama untuk penulis artikel media online, Pabelz. Karakter media online yang cepat, menuntut para penulis artikel atau dikenal juga dengan kontributor/content writer untuk menyajikan sebanyak mungkin artikel segar setiap harinya. Hmm … kalau nggak banyak stok artikel, tentu kamu tak akan mampu bersaing dengan penulis lain. Oleh karena itu penting buatmu mencari ide artikel sebanyak-banyaknya.

Dalam mencari ide artikel, kamu bisa lakukan beragam cara, lho. Tidak melulu duduk memelototi komputer saja, lantas mendapat seabrek ide. Ada trik sederhana yang dapat kamu coba guna memancing banyak ide.

1. Berkumpul dengan Komunitas
Kamu memiliki komunitas online? Jangan ragu untuk nimbrung dan ikut berinteraksi, Pabelz. Misalnya di WA grup kepenulisan yang kamu ikuti. Perhatikan, deh! Kerap banyak chat ngalor ngidul seperti tidak jelas arahnya. Namun, dari obrolan inilah biasanya akan timbul ide-ide tulisan yang tidak terduga. Bukan cuma ide buat artikelmu, tapi juga untuk tulisan fiksi. Percaya nggak percaya, cara ini memang manjur, Pabelz. Saya sudah membuktikan sendiri. Mencoba berinteraksi, ikutan haha-hihi, ehh … udah seliweran aja ide-ide artikel yang kemudian saya catat dalam note HP.

2. Membaca Artikel Lain
Ini wajib dilakukan, ya. Kamu harus membaca sebanyak mungkin artikel atau sumber referensi dari berbagai website maupun media cetak. Dari satu judul, biasanya otak secara otomatis akan berkelana dan menemukan banyak judul, Pabelz. Istilahnya satu judul akan beranak pinak. Nah, semakin banyak membaca kamu pun akan kian kaya kosa kata, sehingga artikel jadi renyah dan makin enak dinikmati.

3. Rewrite
Tak ada salahnya menulis ulang artikel lama yang tersimpan dalam draf komputermu, Pabelz. Coba cari lagi apakah ada artikel lama yang asyik dengan tema yang masih fresh untuk disampaikan kembali pada pembaca? Jika ada, rewrite saja artikel tersebut untuk dikirim ke media online lainnya.

4. Nongkrong
Kalau otak serasa buntu, sesekali keluarlah dan hirup udara segar. Saya biasanya akan pergi ke pantai atau taman dekat rumah, pokoknya cari lokasi asyik, deh. Duduk lama di sana bareng bocil sembari mengamati sekeliling. Dari melihat dan mendengarkan apa yang terjadi di sekitar, inspirasi pun akan membanjiri otak. Cara ini ampuh buat mengusir ide mampet, lho.

5. Ketik Satu Kata
Terakhir, cobalah mengetik satu-dua kata di kolom mesin pencari, sebagai contoh “operasi plastik”. Nanti akan muncul berbagai artikel terkait dengan oplas. Kunjungi satu per satu website tersebut. Biasanya ada artikel menarik lain yang bisa juga jadi bahan tulisanmu, lho. Cucok banget!

Siap menjadi penulis artikel produktif artinya juga harus siap berburu sebanyak mungkin ide. Yuk, lakukan cara sederhana seperti di atas. Ehem … dijamin manjur, lho. Soalnya saya sudah mempraktekkannya hehe …. Salam semangat menulis!

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community (Day 10)

You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman