Cara Penulis Freelance Dapatkan Job Menulis. Biar Tabungan Nggak Ramping Lagi!

23.26



Salah satu profesi sampingan yang pas dilakoni ibu rumah tangga adalah penulis freelance. Di samping waktu yang fleksibel, pekerja lepas juga dapat menyelesaikan job-nya dari mana saja dan di manapun. Yaps, menulis kini tak sekadar bermanfaat untuk terapi jiwa saja, Pabelz. Akan tetapi juga bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan. Lumayan banget, kan, di samping dapat gaji dari suami, kamu masih memperoleh uang tambahan yang bisa bikin gendatz celengan.

Nah, biar bisa meraup lebih banyak pundi rupiah, tentunya kamu kudu aktif berburu job alias mencari proyek nulis, ya. Job menulis untuk para penulis freelance bisa berasal dari berbagai sumber. Sebenarnya dari mana dan bagaimana cara penulis freelance mendapatkan job? Ceki-ceki penjelasan di bawah ini, yups!

1. Pasar Freelancer
Pertama ada pasar freelancer. Sebagian mungkin belum familier dengan yang satu ini, ya. Pasar freelancer adalah tempat bertemunya penjual dan pengguna jasa. Di sana kamu bisa menjual keahlianmu sebagai penulis, termasuk memberikan penawaran tatkala ada klien (pemilik proyek menulis) yang mem-posting lowongan. Kamu bisa nge-bid dengan mencantumkan berapa nominal yang kamu patok untuk lowongan pekerjaan dari si klien. Kalau memang harga dan skill-mu cocok, kamu bakalan mendapatkan proyek tersebut, lho.

Pasar freelancer untuk para pekerja lepas di Indonesia ada projects.co[dot]id, sribulancer, dan lain-lain. Sementara untuk kelas luar ada freelancer.com. Saya sudah registrasi di ketiganya. Tapi hanya satu saja yang aktif dan agak serius yaitu projects.co[dot]id. Alhamdulillah dari sini sudah pernah mendapatkan proyek. Baru sekali, tapi lumayan lah. Semoga selajutnya bisa ketiban duren lagi yaa, Pabelz.

2. Komunitas
Apa, sih, gunanya ikutan komunitas? Cuma ngumpul-ngumpul begitu! Ada sebagian orang yang sinis banget melihat orang lain pergi atau melakukan aktivitas bersama komunitasnya. Padalah berjejaring itu penting sekali untuk penulis freelance seperti kita, lho. Biasanya melalui teman-teman di kelompok, kita akan mendapatkan informasi pekerjaan menulis atau lowongan. Nah, jangan sia-siakan peluang tersebut. Sabet ajah selagi kamu mampu, Pabelz! So, aktif dan saling mendukung ya, ketika kamu nyemplung ke komunitas menulis. Siapa tahu dari teman-teman tak terduga, akan datang job yang bertubi-tubi. Intinya jadilah pribadi yang menyenangkan. Jangan cuma mau menerima suntikan ilmu atau mendengarkan sharing. Tetapi beranikan diri untuk sharing dan berbagi ilmu.

3. Membuka Jasa Penulisan
Kamu bisa banget membuka jasa penulisan sendiri. Promosikan skill-mu melalui media sosial. Tetap branding dirimu. Salah satunya dengan sering mem-posting karya terbaru yang dimuat di media cetak maupun online. Ini juga bisa sebagai bentuk portofolio kamu. Jadi calon klien tinggal jalan-jalan di beranda medsos dan melihat gaya menulismu, Pabelz. Kalau cocok langsung angkut deh *rambutan kali diangkut heheu.

4. Kontributor
Kamu juga dapat menjadi kontributor aktif di berbagai media, Pabelz. Rajinlah mengirimkan karya ke media cetak maupun online. Keuntungan kirim ke media cetak, selain lebih dipandang “berprestasi” dan berbobot, fee-nya juga besar dibandingkan media online. Sedangkan media online memiliki keuntungan pemuatan yang nggak pakai lama, registrasi cepat, tidak perlu berbulan-bulan menunggu antrean tayang. Meski fee kecil, kalau rajin mengirim dan dimuat pun akan terkumpul banyak juga, kan? Website yang membuka peluang untuk para penulis lepas misalnya, estrilook, IDN Times, takaitu, website joeragan artikel, dan sebagainya. Saya udah cicipin juga manisnya dibayar oleh portal tepercaya. Alhamdulillah … bisa makan bakso bermangkuk-mangkuk hehe ….

5. Bergabung dengan Perusahaan Jasa Penulisan
Seiring meningkatnya permintaan akan artikel online, bermunculan pula perusahaan jasa penulis artikel profesional. Mereka memiliki banyak tenaga mumpuni yang mendukung di balik layar. Tak sekadar menerima artikel berbahasa Indonesia, namun juga artikel Inggris, lho. Sesekali perusahaan akan membuka lowongan bagi para penulis. Nah, manfaatkan peluang dan cobalah melamar. Catat dan cermati syarat-syaratnya. Jangan asal melamar, ya.

Demikian beberapa cara penulis freelance mendapatkan job menulis. Bekali diri dengan ilmu dan teruslah berlatih. Semoga proyek akan terus datang padamu, Pabelz. Salam sukses!

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community (Day 9)



You Might Also Like

10 komentar

Total Tayangan Halaman