Tentang Akikah Buah Hati

03.50




Hai, Pabelz!

Akikah adalah salah satu ibadah yang hukumnya sunah yang ditekankan atau dengan kata lain sunah muakkadah. Saya pengin banget ketika anak lahir, langsung akikah pada hari ketujuh setelah kelahirannya, tapi tidak kesampaian. Hari ke-14 dan 21 pun belum bisa kami laksanakan dikarenakan tidak adanya dana. Semoga Allah mudahkan untuk melaksanakan akikah kedua anak kami sebelum mereka memasuki masa baligh.

Akikah dianjurkan untuk dilaksanakan oleh orang tua yang mampu (secara ekonomi), jadi tidak perlu memaksakan diri melaksanakan ibadah yang satu ini apabila belum memiliki anggaran yang memadai. Ketentuan akikah sendiri sudah jelas dalam Islam yaitu menyembelih dua ekor kambing untuk anak lelaki dan seekor bagi anak perempuan. Kamu harus pastikan kambing dalam kondisi sehat, tidak cacat, dan berat timbangannya.

Berbeda dengan kurban yang dagingnya dibagikan dalam kondisi mentah, daging akikah dibagikan sudah dalam keadaan matang alias telah diolah menjadi hidangan siap santap. Umumnya , sih, dibuat sate maupun gule. Dengan melaksanakan akikah diharapkan silaturahmi yang erat akan terjalin antara keluargamu dengan masyarakat sekitar, sebab kamulah yang mengantarkan sajian sendiri. Selain itu biasanya dalam kotak hidangan akikah ada keterangan nama buah hati. Jadi makin kenal, kaan. Hmm … kalau repot mau menyiapkan akikah sendiri? Tidak masalah, sebab sekarang banyak jasa layanan akikah yang menawarkan berbagai paket akikah. Sehingga kamu tinggal terima jadi saja, nggak repot dan capek ^^


Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community (Day 13)


You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman