Ngabuburit Asyik, Bikin Tiga Sajian Buka Puasa Super Praktis, Segar, dan Lazis!

20.22

Sumber : pixabay


Ramadan kurang mantap tanpa ngabuburit atau menghabiskan waktu sore buat jalan-jalan maupun berburu takjil seraya menunggu azan magrib berkumandang.  Beberapa waktu lalu saya sempat bingung mau masak apa buat buka puasa.  Alhamdulillah...  Setelah bertapa sekian menit, ketemu juga idenya. Akhirnya siang itu saya bersama dua bocil pun mulai berburu bahan-bahan.  Ngabuburitnya siang-siang wkwkkwkw
Dan...  Ternyata bahan yang kami cari,  yang biasanya ada di penjual langganan hari itu tak tersedia. Aduh,  mana udah beli bahan pelengkap lainnya,  kalo nggak ada bahan utama, bisa-bisa enggak jadi bikin. Muka si sulung langsung masam. Pasalnya doi yang punya ide buat bikin tuh makanan.  Penasaran,  apa saja sajian super praktis, segar, dan lazis yang kami buat?  Intip yuk!

1. Sayur Buah Kelor
Sebagian besar orang menganggap kelor hanya dapat dimanfaatkan sebagai pelengkap ritual. Tidak dapat diolah menjadi sajian sedap. Siapa sangka selain daun yang pas untuk disayur bening atau dimasak santan. Buah kelor pun enak dijadikan sayur pelengkap santap buka kita.

Cara mengolahnya mudah banget lho.  Cukup ambil buah kelor yang muda,  bersihkan serat-seratnya seperti emak membersihkan gambas,  potong sepanjang kurang lebih lima sentimeter. Selanjutnya cuci buah kelor.  Masak buah hijau panjang tersebut dengan sepanci kecil air dan tambahkan asam jawa secukupnya. Udah,  sayur buah kelor pun siap disajikan. Oh iya kita dapat menambahkan kacang panjang arau terong sebagai pelengkap. Mantap banget nih kalau dimakan pake nasi putih dan sambel yang puedess.

2. Pisang Baper
Payah banget waktu berburu pisang untuk diolah jadi pisang baper. Soalnya kita butuh pisang kepok setengah matang,  Mak.  Saya sampe muter-muter nyarinya. Alhamdulillah ketemu juga. Bahan yang kudu kita siapkan untuk membuat sajian ini adalah pisang kepok, terigu,  dark chocolate compound,  panir,  garam,  gula.

Cara bikinnya praktis,  lo. Pertama emak harus mengukus pisang kepok selama kurang lebih 10 menitan dan setelah matang,  lumatkan pisang kayak emak bikin perkedel.  Siapkan celupan berupa terigu seperempat,  gula satu sendok teh dan sejumput garam,  aduk,  tambahkan air.  Jadilah adonan buat celupan. Terus emak potong cokelat jadi bentuk dadu,  ya. Cara bikinnya gampang,  pisang lumat dibentuk bola,  isi pake cokelat,  celup ke adonan basah,  guling ke panir,  kemudian goreng.  Pisang baper ini kesukaan Raisya.  Krispi di luar,  meleleh di dalem. Endull

3. Teh Cinta
Terakhir adalah minuman yang jadi favorit saya dan bapak selama ramadan.  Namanya teh cinta.  Selain bikinnya penuh cinta juga rasanya juara.  Emak pengin bikin juga?  Cukup siapkan cincau hitam,  teh,  dan susu kental manis. Cara membuatnya,  seduh teh ke segelas air panas,  masukan susu kental manis,  tambahkan cincau hitam yang sudah dipotong dadu. Minuman segar udah siap nih!

Ngabuburit asyik tidak harus diisi dengan jalan-jalan.  Melakukan kegiatan positif lain seperti baca,  belanja, atau menulis.  Semoga bermanfaat!



You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman