Tips Menahan Diri Saat Ramadan Buat Para Emak

20.09

Sumber : pixabay


Ramadan ialah bulan penuh berkah, salah satunya buat emak-emak.  Meski dapat bonus bersantai dari aktivitas masak memasak dan kesibukan pagi,  tak lantas membuat bulan suci bebas dari godaan buat para emak.  Dibandingkan hari-hari biasa,  godaan di bulan puasa justru lebih banyak.  Kira-kira apa saja sih,  yang bikin hati para emak berpaling ketika bulan suci dan bagaimana cara efektif untuk menahan diri saat ramadan dari beragam hal yang menggoda iman?  Yuk,  intip paparannya!

1. Pengin Makan Gara-gara Nyicip Masakan
Salah satu tugas utama emak adalah masak.  Bebas tugas pagi,  kesibukan sore masih menanti.  Setelah menentukan menu yang hendak dimasak untuk keluarga terkasih,  tak jarang para emak mencicipi hidangan tersebut guna memastikan rasanya pas dan lezat.  Nah,  kala tes rasa inilah godaan hadir. Apalagi masakannya merupakan menu favorit emak,  udah pasti nggak tahan buat melahapnya,  ya.  

Tips agar sesi icip-icip nggak keterusan adalah mengingat lagi niat puasa emak dan membayangkan betapa sayang pahala yang sudah terkumpul setelah puasa sampai sore  kalau emak membatalkan di tengah jalan.  Penting bagi emak mengokohkan niat puasa. Kalau sudah mantap,  insya Allah nggak akan goyah gara-gara makanan favorit.

2. Belanja Baju
Umumnya kala memasuki pertengahan puasa,  para penjual baju sudah mulai ramai disambangi pembeli. Mereka adalah para emak yang nggak pengin ketiban harga baju mahal kalau belanja mepet hari raya. Makannya memutuskan membeli busana anyar jauh-jauh hari.  Perlu diingat bahwa anggaran atau kondisi keuangan masing-masing orang berbeda.  Ada yang dompetnya masih penuh di akhir bulan, ada yang terima thr,  ada juga yang kosong melompong.  

Tips supaya terhindar dari godaan belanja baju ialah meminimalkan jalan-jalan ke pasar atau pusat perbelanjaan jika emak belum benar-benar mempunyai dana lebih.  Ingat-ingat juga ada berapa baju lama emak dan keluarga yang mungkin jarang dipakai atau teronggok manis di lemari.  Jangan jadi orang mubazir,  pakailah yang lama dulu sebelum kembali memenuhi almari dengan baju baru.  Nah,  kalau emang udah naksir baju baru, sesuaikan dengan bujet yang ada.  Beli baju jangan ampe bikin kantong bolong.  Ingat kebutuhan hari raya bukan cuma baju belaka.

3. Bikin Kue
Jelang akhir Ramadan biasanya sudah tercium bau-bau kue kering dari dapur para emak.  Yaps,  di saat itu kebanyakan masjid akan kehilangan jamaahnya. Emak tergoda juga untuk ikut pasukan nguprek dapur?  Tahan diri dulu,  Mak.  Sekarang coba emak ingat kembali. Di Lebaran sebelumnya,  jika emak membuat kue kering,  apakah kue itu laris manis dimakan tamu?  Jika tidak,  artinya kebanyakan tamu emak lebih menyukai kudapan selain kue. Jadi pilih membuat camilan lain yang praktis, cepat,  dan mudah.  Misalnya,  rempeyek,  rengginang,  kacang bawang,  atau sistik. 

Nah,  kalau tamu emak emang doyan kue kering.  Nggak apa-apa juga membuatnya kok.  Namun pastikan tenaga dan waktu emak masih full untuk menuntaskan ibadah lebih dulu. Jadi dahulukan beribadah,  kalau ada sisa tenaga baru mikir kue kering.  Bila tak cukup waktu serta tenaga,  sebaiknya emak pesan saja alih-alih membeli kue di pasaran yang kualitasnya emak ragukan.  Pesan ke teman atau orang terdekat emak yang memang terbiasa membuka pesanan kue lebaran.  Itung-itung bagi rezeki ya mak.

Demikian beberapa godaan para emak di bulan suci dan cara menahan diri saat ramadan biar ibadah tuntas dan tentunya mendapat berrkah dari Allah Taala.  Semoga ramadan kali ini lebih baik dari bulan suci sebelumnya, ya.

You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman