Tips Mengatur Uang THR Biar Ada Sisa Buat Ditabung

20.23


Sumber : pixabay


Ramadan sudah masuk pertengahan. Nggak terasa ya,  separuh bulan suci telah kita lewati.  Semoga masih semangat dan sehat di sisa Ramadan. Ngomong-ngomong bulan puasa,  rasanya nggak afdol kalau mengabaikan THR.  Inilah salah satu hal yang paling dinanti para emak. Lumayan buat beli daging,  baju, sama printilan anak-anak. Sayangnya terkadang THR cuma habis buat kebutuhan konsumtif saja.  Lalu, bisa nggak THR ada sisa buat ditabung? Sebetulnya itu bisa banget, Mak. Alhamdulillah meski sedikit,  THR saya nggak pernah abis ludes. Ada sedikit buat ditabung. Trus gimana caranya biar dana tersebut nggak mubazir begitu saja?

1. Bikin List
Buatkah daftar keperluan belanja emak mulai dari yang terpenting sampai paling nggak penting.  Pokoknya masuk list dulu semuanya. Setelah dicatat kira-kira apa aja yang mau dibeli, emak bisa lihat lagi daftar tersebut. Cek mana aja yang bisa di-cut alias nggak dibeli pun sebetulnya nggak apa-apa. 

2. Cari Tempat Belanja Miring
Harga kebutuhan pokok, baju, sampai perlengkapan ibadah menjelang hari raya pastinya melesat. Maka dari itu, emak kudu pintar mencari rekomendasi tempat belanja dengan harga bersahabat. Cari referensi melalui media sosial, grup, serta tetangga. Jadi emak nggak akan terjerembap ke jurang harga selangit alias salah beli ke toko yang mematok harga terlalu tinggi.

3. Potong Dulu
Setelah dapat THR, alangkah baiknya emak memotong dulu dana tersebut. Potongnya wajar ya mak, jadi nggak memaksakan gitu.  Ambil berapa persen untuk tambahan tabungan atau sedekah.  So,  THR nggak cuma habis buat membeli barang konsumtif.

4. Dibuang Buat yang Lain
Kalau sudah ngebet pengin beli ini-itu yang nantinya malah jadi mubazir,  emak perlu tuh untuk refreshing sejenak.  Beri waktu untuk diri sendiri merenung. Ingat betapa banyak orang yang nggak bisa bebelian, bahkan makan aja kurang di sekitar emak.  Kalau ada yang demikian, uangnya bisa emak sedekahkan saja. Daripada beli baju misalnya. 

Demikian tips mengatur uang THR. Namanya tunjangan hari raya sebetulnya emang dikhususkan untuk membeli keperluan di hari Lebaran.  Namun,  nggak ada salahnya kita mengalokasikan sedikit dana untuk sesuatu yang lebih bermanfaat alih-alih melakukan konsumerisme.  Baju udah banyak atau masih banyak yang baru kalo bisa sih nggak beli lagi eheheh .... Ntar lemarinya meledak, gaswat xixixi. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 komentar

Total Tayangan Halaman